Daftar Olahraga Yang Aman Untuk Penderita Skoliosis

18Nov '19

Daftar Olahraga Yang Aman Untuk Penderita Skoliosis

Olahraga Untuk Meringankan Skoliosis

Jika Anda merasa mudah lelah saat terlalu lama duduk atau berdiri, waspada karena mungkin Anda mengidap skoliosis. Salah satu penyakit dimana terdapat kelainan bentuk struktur tulang belakang yang ditandai dengan bagian punggung yang melengkung ke samping. Maka dari itu Anda mesti benar-benar menjaga tulang belakang, bisa dimulai dengan kebiasaan kecil, seperti duduk di sofa minimalis atau tidur di dataran yang empuk. Pilihan kedua adalah ternyata skoliosis ini dapat diringankan dengan melalukan olahraga tertentu secara rutin. Apa saja sih olahraganya? Agar tidak salah pilih, yuk baca dulu sebelum berolahraga!

Berikut Daftar Olahraga Untuk Meringankan Skoliosi:

Berenang untuk Skoliosis

Berenang khususnya dengan gaya bebas dapat mengurangi tekanan pada tulang belakang sehingga mengurangi rasa pegal. Sebaliknya, hindari gaya berenang dengan gaya dada. Tak hanya aman bagi penderita skoliosis dan menguatkan otot punggung, tekanan air sangat membantu menambah ketahanan jantung dan paru-paru tanpa memperparah skoliosis.

Yoga Untuk Skoliosis

Yoga itu penting untuk memperkuat otot-otot di punggung, terlebih saat melakukan posisi kayang. Ketika Anda melakukannya secara teratur, Anda akan mencapai lebih banyak mobilitas di seluruh tulang belakang Anda. Meskipun terasa sakit pada beberapa percobaan awal, punggung akan terasa lebih enak jika dilakukan secara rutin. Dengan melakukan pose-pose yoga khusus untuk kesehatan tulang belakang, ruas-ruas tulang belakang yang berdekatan dan bengkok dapat diregangkan serta perlahan-lahan disesuaikan agar kembali ke dalam posisi vertikal yang normal.

Sit Up

Olahraga lain yang bisa dijadikan pilihan bagi untuk penderita skoliosis adalah situp, salah satu exercise untuk membangun otot dengan memaksa otot punggung bekerja semaksimal mungkin. Exercise lain yang mendukung adalah back up, cobra exercise dan alternate superman. Seluruh rangkaian latihan bisa dilakukan 20-30 menit. Lakukan pemanasan terlebih dulu agar otot-otot menjadi lentur.

Bersepeda

Bersepeda memiliki efek positif pada kepadatan dan kekuatan tulang sehingga, secara otomatis, kerangka tulang akan menguat. Selain itu, bersepeda dapat menguatkan otot, dan otot yang kuat mampu melindungi sistem kerangka. Dengan cara ini, tulang belakang diperkuat dan dilindungi terhadap stres eksternal yang dapat membantu mengurangi kemungkinan sakit punggung dan masalah lainnya.

Strengthening Trunk

Salah satu bentuk senam ini dapat mengaktifkan otot-otot tulang belakang dan dapat memperbaiki tulang belakang yang tidak lurus. Caranya, ambil posisi telungkup di atas matras, diikuti tangan serta kepala. Saat mengangkat ini, usahakan hanya perut yang menempel pada matras. Tahan hingga 10 hitungan lalu ulangi sebanyak 5 kali.

Stretching Thoraxal

Gerakan olahraga ini efektif untuk mengobati pembengkokan tulang belakang pada thoraxal atau bagain atas. Caranya, berdiri tegak, buka kaki selebar bahu, kemudian tekuk siku dan letakkan tepat pada dada samping. Tangan yang lain diangkat di atas kepala. Liukkan badan ke samping ke arah tangan yang ditekuk. Tahan hingga 10 hitungan dan ulangi sebanyak 5 kali.

Fleksibilitas Punggung

Gerakan ini terdiri atas empat gerakan yang terfokus pada punggung. Gerakan ini dilakukan secara rileks dengan membungkukkan badan ke depan, belakang, samping kanan dan kiri. Tangan mengikuti arah badan ditekuk. Jika ke samping, tangan diangkat dan diletakkan di atas kepala, sedangkan tangan yang lain bebas. Tahan setiap pose selama 10 detik kemudian ulangi sebanyak 5 kali.

Jika anda ingin berkonsultasi mengenai penyakit skoliosis dan cara pengobatannya, anda dapat menghubungi team kami pada halaman contact.

Sumber: fabelio.com

comments

There are 1 comments on this post.

ADD YOUR COMMENT