Komplikasi Akibat Skoliosis yang Perlu Diwaspadai

06Sep '19

Komplikasi Akibat Skoliosis yang Perlu Diwaspadai

Meski bersifat ringan, anak dengan kondisi Skoliosis perlu menjalani pemeriksaanX-Ray secara rutin untuk memantau kondisi tulang dan mencegah terjadinya komplikasi lanjutan. Lantas apa saja komplikasi Skoliosis yang perlu di waspadai?

1. Sesak Napas Skoliosis yang dibiarkan tanpa penanganan bisa menambah derajat kemiringan tulang belakang. Kondisi tersebut mengganggu kemampuan paru untuk mengembang sempurna akibat menyempitnya ruang paru, sehingga menyebabkan keluhan sesak napas.

2. Nyeri Punggung Belakang Nyeri punggung belakang terjadi karena semakin parahnya lengkungan tulang belakang. Meski umumnya hilang timbul, nyeri akibat Skoliosis bisa menetap dan menyebar kebagian tubuh lain, seperti dari tulang belakang ke kaki, punggung, dan tangan. Nteri akibat Skoliosis mereda jika pengidapnya berbaring dengan punggung lurus atau pada salah satu sisi tubuh.

3. Masalah Jantung Tulang belakang yang terlalu miring bisa menekan jantung dan membuatnya kesulitan memompa darah ke seluruh tubuh. Akibatnya, pengidap Skoliosis berisiko lebih besar mengalami Pneumonia (Infeksi paru) hingga gagal jantung.

4. Masalah Saraf Jika ujung saraf tertekan oleh tulang belakang yang melengkung, sistem saraf akan terpengaruh oleh kondisi Skoliosis. Kondisi ini akan berdampak pada kaki yang terasa kebas dan menurunnya kemampuan untuk menahan buang air kecil maupun buang air besar.

5. Gangguan Psikologis Pengidap Skoliosis rentan mengalami gangguan psikologis akibat kondisi yang dialaminya. Alasannya adalah perbedaan postur tubuh pengidap Skoliosis bisa menurunkan rasa percaya diri dan membuatnya rentan mengalami masalah psikologis, seperti stress dan depresi.

Catatan :

  1. Artikel Halodoc 11 Desember 2018
  2. Insert Foto dr. Kobal Sangaji, Sp. KFR (Provider Fitter SpineCor Pekanbaru)

releated posts

ADD YOUR COMMENT